Berita

Jambore Pelayanan Primer II Tahun 2015 BPJS Kesehatan Divisi Region IX


Robi Kurniawan | 22 Februari 2017

Bertempat di Hotel Clarion Makassar Jambore Pelayanan Primer yang ke 2 digelar, BPJS kesehatan sebagai penyelenggara kegiatan sudah menjalankan kegiatan ini setiap tahun dan tahun ini memasuki era ke 2 pelaksanaan kegiatan. Pembukaan jambore berlangsung pada hari Senin tanggal 10 Nopember 2015, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan membuka acara secara resmi.

Tema jambore  tahun ini adalah Melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental, Pelayanannya Primer Kuat, Indonesia Sehat. Jambore ini menghadirkan beberapa narasumber luar yang sangat penting kaitan dengan acara ini diantara dari pusat pembiayaan dan jaminan kesehatan kementerian kesehatan RI dengan materi tata kelola keuangan di FKTP, Materi penatalaksanaan Penyakit Hipertensi di FKTP oleh Prof.DR.dr.Syakib Bakri SpPD K-GH dan peñatalaksanaan Penyakit Typoid oleh Dr. sudirman Katu,SpPD,KPTI.

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan tujuan pertama peserta ketika mendapatkan masalah kesehatan. Sebagai tulang punggung pemenuhan tenaga medis, hal ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan kinerja secara menyeluruh pada FKTP dan Rumah Sakit Umum Daerah dan sejalan dengan Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan.

Berbagai upaya diharapkan dapat dilakukan oleh pemerintah daerah antara lain :

-          Pemenuhan tenaga medis untuk mempercepat proses penilaian Akreditasi di Puskesmas maupun Rumah Sakit.

-    Pemerintah Kab/Kota dapat merekrut Dokter/ Dokter Gigi dan tenaga medis lainnya yang telah selesai pendidikan untuk dipekerjakan di Puskesmas dengan syarat mempunyai STR dan SIP, tanpa harus menunggu status PNS.

-   Pemerintah Kab/Kota dapat merekrut Dokter Spesialis yang telah selesai pendidikan untuk ditempatkan di RS sesuai dengan syarat mempunyai STR dan SIP, tanpa harus menunggu status sebagai PNS.

-     Dokter spesialis yang sudah pensiun (purnabakti) dapat direkrut kembali dan dipekerjakan di RS sesuai dengan spesialis kebutuhan RS dengan ketentuan yang berlaku.

Semoga dengan semangat Jambore Pelayanan Primer ini dapat memberikan motivasi kepada FKTP untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang bermutu kepada Peserta, FKTP Terpilih dapat menjadi Role Model bagi FKTP lainnya, yang akan berdampak semakin meningkatkan kepuasan dan kepercayaan peserta terhadap pelkes di FKTP.